Nepal berhasil menciptakan rekor baru yang tercatat dalam Guinness World Record dengan menyelenggarakan peragaan busana tertinggi di dunia. Dilansir dari Khabarhub, Rabu (29/01/2020), pertunjukan busana sendiri digelar diketinggian 5.340 meter (17515 kaki) di Kala Patthar pada Selasa 26 Januari 2020. Ajang ini digelar oleh RB Diamonds, KASA Style dalam mendukung Badan Pariwisata Nepal dan Kampanye Visit Nepal2020.

Acara ini diikuti oleh peserta dari berbagai model dari berbagai belahan dunia termasuk Nepal, Finlandia, Italia Sri Lanka, dan Singapura.

Tujuan utama mengadakan peragaan busana di ketinggian tertinggi adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang perubahan iklim dan juga untuk menyampaikan pesan kepada dunia bahwa Nepal adalah tujuan untuk semua kegiatan. Acara ini adalah salah satu acara utama dari Kampanye Visit Nepal 2020.

“Desain, pola, dan bahan yang digunakan selama peragaan busana semuanya alami, organik, dan semua lini produk Nepal dari KASA. Lini pakaian itu terbuat dari Nepali Pashmina, Felt dan Yak Wool, ideal untuk pakaian musim dingin,” ungkap Ketua RB Diamond, Bpk. Ramesh Maharjan.

Adapun yang menjadi saksi dalam ajang ini antara lain Nandini Thapa, Nona Aashmi Rana dan Pilot Letnan Kolonel Pratap Bohara sebagai saksi teknis untuk juri resmi Guinness World Records.

Total sebanyak 48 orang yang ikut dalam ajang ini termasuk di antara mereka model, kru video, penata rias, petugas medis, desainer pakaian dan perhiasan, dan panitia itu sendiri.