Himalaya kini menjadi surga bagi mereka yang ingin menyaksikan gugusan bintang secara jelas tanpa terganggu debu, kabut atau polusi cahaya.

Di tahun 2016, National Geographic mendaftarkan Taman Nasional Sagarmatha—taman nasional tertinggi di dunia yang berada di Nepal—sebagai salah satu dari lima situs pengamatan bintang terbaik di dunia.

Sebelumnya Nepal yang memiliki deretan dataran tertinggi di dunia hanya sebagai tujuan wisata untuk melakukan trekking. Namun, belakangan potensi tempat ini untuk menjadi tempat untuk mengamati bintang atau astrotourisme menjadi daya tarik lain lantaran kita bisa melihat ke langit tanpa debu, kabut atau polusi cahaya.

“Keterpencilan kami adalah sumber daya kami. Daripada berusaha menjadi seperti Barat, kita harus menjaga apa yang kita miliki, termasuk kegelapan langit malam kita. Jika kita menginginkan pariwisata yang berkualitas, kita harus menentukan apa yang dapat kita tawarkan yang lebih baik daripada yang lain. Kita harus menciptakan ceruk untuk diri kita sendiri,” kata pakar pariwisata Gyan Nyaupane, seorang profesor di Arizona State University seperti dilansir dari Nepalitimes.