Nepal menjadi negara kelima yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara dan menjadi negara nomor satu sebagai tempat wisata terbaik di dunia. Tak heran, Nepal memiliki segalanya untuk memiliki titel tersebut lantara keindahan alamnya yang masih asli, jajaran Himalaya yang menompang langit, budaya dan tradisi masyarakatnya yang menarik membuat siapapun ingin datang ke negara yang letaknya di atas 4000 meter dari permukaan laut ini.

Kebanyakan kedatangan wisatawan mancanegara ke Nepal adalah untuk melakukan trekking dan mendaki gunung. Tak heran, banyak yang menjadikan puncak Gunung Everest sebagai target pribadi. Meski demikian, tentunya yang tidak boleh dilewatkan adalah keindahan budaya dan tradisi Nepal di dalamnnya.

Ada banyak kelompok etnis di Nepal yang masing-masing memiliki seni dan agama mereka sendiri. Tradisi dan gaya hidup yang beragam ini adalah hal yang menonjol dari orang Nepal. Di sana juga terdapat ribuan bangunan seperti kuil dan sejenisnya yang mana di Kathmandu—ibu kota Nepal—saja, ada tujuh situs Warisan Dunia UNESCO termasuk Pashupatinath, Boudhanath dan Durbar Squares. Nepal memiliki 852 spesies burung, dan mengamati burung telah menjadi kegiatan yang banyak dilakukan oleh para wisatawan. Nepal juga merupakan rumah bagi beberapa spesies yang terancam punah seperti Harimau Bengal, Badak Bertanduk Satu, Bengal Fox, Panda Merah, dan Macan Tutul Salju.

Berikut ini adalah 10 tujuan destinasi wisata terpopuler di Nepal.

Everest Base Camp

Everest Base Camp menjadi tempat trekking terbaik di dunia sekaligus menjadi titik awal pendakian sebelum mendaki puncak Everest yang sesungguhnya. Dari sini kita bisa mencapai Kalapatthar. Untuk mencapai tempat ini, Anda bisa melakukan penerbangan dari Kathmandu ke Lukla dan perjalanan menuju ke sana rata-rata menghabiskan 17 hari, itu sudah termasuk rute pulang pergi.

Annapurna Base Camp

Annapurna Base Camp

Annapurna Base Camp masuk dalam daftar populer lantaran trekking ke tempat ini dianggap cukup mudah, termasuk bagi mereka yang pemula. Rata-rata perjalanan hanya menempuh waktu selama 7 sampai 11 hari. Faktanya, tercatat 100 ribu pengunjung datang ke tempat ini dari berbagai penjuru dunia.

Poon Hill (Bukit Poon)

Poon Hill menjadi tujuan trekking paling disenangi oleh para trekker lantaran dari sini kita bisa menikmati matahari terbit terbaik dengan ditemani oleh pemandangan indah jajaran Himalaya. Selain itu bidang tanah yang tidak terlalu sulit dan iklim yang menyenangkan membuat tempat ini populer.

Rara Lake (Danau Rara)

Rara Lake merupakan danau yang sangat unik terletak di dataran tinggi, tepatnya berada di ketinggian 2990 meter dengan lebar seluas 10,8 kilometer persegi dan menjjdi danau air tawar terdalam di Nepal. Airnya yang biru mengundang mata untuk memandang.

Tilicho Lake (Danau Tilicho)

Tilicho Lake terletak di atas 4920 meter di atas permukaan laut dan berada di distrik Manang. Air sungai Marsyang di yang terkenal itu sendiri berasal dari danau ini. Musim Sharad (musim gugur) adalah waktu terbaik untuk berkeliaran di sekitar Danau Tilicho.

Chitwan National Park (Taman Nasional Chitwan)

 

Chitwan National Park menjadi Afrika Selatannya Asia lantaran banyaknya flora dan fauna di sana, termasuk juga badak bercula satu yang kini populasinya hanya ada di beberapa tempat di dunia. Safari hutan, safari gajah, pemandian gajah, pusat penangkaran buaya, pusat penangkaran gajah dan wisata alamnya menjadi daya tarik utama taman nasional ini.

Pokhara

Pokhara merupakan salah satu kota besar di Nepal yang juga merupakan gerbang menuju Annapurna Circuit. Di sini, kita bisa melakukan banyak kegiatan wisata seperti Sky diving, Paralayang, penerbangan Ultralight, Rafting, Balon Udara Panas, dll. Pegunungan Dhaulagiri, Annapurna, dan Manaslu dapat dilihat dari sini. Tempat-tempat utama yang bisa dikunjungi di Pokhara antara lain Biara Putih, Musim Gugur David, Gua Mahendra, Gua Gupteshwar, Danau Phewa, Danau Begnas, Danau Rupa, Kuil Bindhyabasini, Stupa Perdamaian Dunia, dll. Di sini juga terdapat delapan danau berbeda yang bisa dikunjungi.

Lumbini

Lumbini adalah tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Nepal. Tempat kelahiran Buddha Gautama ini menjadi tempat wisata religius lantaran di sana terdapat banyak Stupa dan Biara. Lumbini terdaftar sebagai situs warisan dunia UNESCO karena nilai historis yang kaya di tempat ini. Tempat seperti Kuil Mayadevi, kolam suci Puskarini, Pilar Ashoka, Pohon Bodhi Suci, Pagoda Perdamaian Dunia, Kuil Emas Myanmar, Suaka Lumbini Crane, Lembaga Penelitian Internasional Lumbini wajib dikunjungi selama di sana.

Bandipur

Bandipur adalah museum budaya orang Newari. Gua terbesar Nepal ‘Gua Siddha’ terletak di sini. Bandipur menawarkan pemandangan Jugal, Langtang, Ganesh, Manaslu, Hiunchuli, Annapurna, Dhaulagiri, dan pegunungan Kanjirowa yang indah. Pada 24 Juni, spesies bunga Sunagabha menyambut para pengunjung. Paralayang juga sudah dimulai di sini.

Lomanthang

Lomanthang dianggap sebagai daerah tujuan terpencil yang terletak di sisi paling terpencil di kabupaten Mustang. Geografi tempat ini mirip dengan wilayah Tibet. Tempat itu merupakan pusat tradisi Thakali. Wisatawan asing diharuskan mendapat izin khusus untuk memasuki area ini di mana terdapat Istana berusia 700 tahun di Lomanthang adalah daya tarik utama tempat ini. Istana ini terbuat dari lumpur yang memiliki 5 lantai dan lebih dari 100 kamar.