Nepal merupakan tujuan destinasi wisata, terutama bagi mereka yang menyukai petualangan di alam terbuka seperti hiking atau trekking.

Membludaknya minat wisatawan asing dari seluruh penjuru dunia membuat Pemerintah Nepal membuka pintu seluas-luasnya untuk bisa berkunjung ke negara yang berada di wilayah Asia Selatan itu. Salah satunya adalah dengan kebijakan Visa on Arrival (VoA).

VoA merupakan dokumen izin masuk ke sebuah negara yang bisa didapat secara langsung di perbatasan antar negara atau di bandara yang dituju. Nepal sendiri hanya memiliki satu Bandara Internasional, yakni Tribhuvan International Airport yang berada di Kathmandu. Di sana kita bisa membuat Visa dengan syarat yang cukup mudah dan proses yang cepat.

Pertama, setelah sampai di Tribhuvan, Anda akan diberikan formulir yang harus Anda isi sesuai dengan identitas diri. Setelah itu Anda akan diminta untuk menginput formulir aplikasi visa pada mesin Apply Visa.

Kedua, setelah formulir selesai ditulis. Anda bisa serahkan beserta 2 buah lembar foto ukuran 2X3, 3×4, atau 4X6 dengan latar belakang warna bebas, namun diusahakan berwarna putih.

Ketiga, adapun biaya pembayaran VoA Nepal beragam, tergantung berapa lama Anda berada di sana. Biaya termurah adalah sebesar 30 USD atau sekitar Rp411 ribu untuk lama kunjungan selama 15 hari. Untuk 30 hari-50 USD dan 90 Hari-125 USD. Pembayaran wajib menggunakan USD alias Dollar Amerika, Rupiah tidak dikenal di sini.

Keempat, setelah membayar Anda akan mendapatkan beberapa lembar kertas, yaitu selembar kertas buram bertuliskan tangan, selembar kertas tembusan berwarna kuning, dan selembar cetakan kertas ber-barcode dari mesin.

Kelima, Anda akan menuju imigrasi untuk mengecek mengenai pembayaran visa dan cek stiker visa yang menempel di paspor. Siapkan juga pas foto ukuran 2X3, 3×4, atau 4X6 dengan latar belakang warna bebas untuk petugas imigrasinya. Paspor Anda pun mendapat cap dan Anda bisa berwisata dengan bebas.

Proses pembuatan bila ditotal hanya memakan waktu selama ½ jam saja.  Meski demikian, untuk mempersingkat waktu, Anda bisa mengisi data terlebih dahulu secara online melalui situs resmi Department of Immigration Nepal (Klik) dan mencetak tanda terima berikut barcode-nya setidaknya lima belas hari kerja sebelum Anda terbang ke Nepal, dan Anda bisa langsung membawanya ke loket pembayaran VoA.