Pemerintah Nepal tengah merencanakan untuk membersihkan sebanyak 35.000 kg sampah dari Everest dan lima puncak Himalaya lainnya. Dilansir dari BBC, Jumat (14/2/2020) rencananya yang ditugasi untuk mengurusi ini adalah tentara di mana anggaran yang dikeluarkan mencapai  860 juta rupee Nepal atau sekitar Rp120 Miliar

Tahun lalu, Pemerintah Nepal berhasil membersihkan sekitar 10.000 kg sampah dari wilayah tersebut.

Sebagai upaya pencegahan, Pemerintah Nepal juga telah mengambil langkah progresif untuk mendorong pengunjung agar tidak buang sampah sembarangan dengan meminta deposit sebesar 400 Dollar US yang akan dikembalikan kepada pengunjung bila mereka membawa pulang limbah sampah saat kembali turun dari gunung.

Meski demikian, Pemerintah Nepal sendiri masih kesulitan untuk bisa membawa mayat yang berada di atas ketinggian. Ang Tshering Sherpa, mantan presiden Asosiasi Pendaki Gunung Nepal, mengatakan bahwa hal tersebut sangat mustahil.

“Sherpa sering mempertaruhkan nyawanya untuk melakukannya. Sebagian besar tubuh es itu beratnya mencapai 150kg, dan itu terlihat mustahil bagi Sherpa untuk membawa turun,” ungkapnya.