Melakukan petualangan ke Nepal baik trekking maupun hiking adalah impian banyak orang yang ingin menaklukan ketinggian di deretan pegunungan Himalaya. Tempat seperti Everest Base Camp, Annapurna Base Camp, Mardi Himal hingga Pikey Peak menjadi lokasi yang wajib disinggahi minimal sekali seumur hidup.

Tentunya, untuk bisa mencapai ke sana, dibutuhkan peralatan yang mumpuni. Alat-alat seperti jaket, sepatu, tas, tongkat trekking, hingga tenda mutlak disiapkan dan tentunya harus yang memiliki kualitas tinggi karena selain faktor safety seperti mencegah dari kedinginan dan kebasahan saat naik gunung juga berfungsi untuk kenyamanan.

Dalam rangka untuk memenuhi syarat di atas, harga yang ditawarkan biasanya mahal. Hal ini yang kadang membuat banyak pecinta alam mengurungkan niatnya untuk bisa datang ke Nepal. Atau biasanya keinginan ke negara yang memiliki puncak gunung tertinggi di dunia, yakni Everest itu tertunda dalam waktu yang lama.

Namun saat ini hal tersebut nampaknya tidak perlu lagi di khawatirkan. Pasalnya, saat ini untuk membeli peralatan-peralatan tersebut bisa dilakukan saat di Nepal. Dan barang-barang yang Anda butuhkan itu bisa didapat dengan harga yang miring. Akan tetapi, tidak semua tempat bisa dinilai murah. Ada satu toko yang dianggap sebagai hidden gems lantaran harga barang-barang outdor bisa dikatakan hora umum.

Adapun toko yang dimaksud adalah Kala Patther Trekking Store yang berada di Thamel Square, Kathmandu. Di toko tersebut menjual barang dengan merk-merk kenamaan macam Marmot, The North Face, Consina, Eiger, Alpina, dll dengan harga yang sangat murah.

Untuk sepatu rata-rata dijual seharga 3000 Ruppe Nepal atau sekitar Rp399047 (harga per tanggal 20 Maret 2020), Jaket sendiri seharga 1800 Ruppe Nepal atau sekitar Rp239428. Untuk tas harga termurah mulai dijual seharga 2800 Ruppe Nepal atau sekitar Rp 372443.

Lantas mengapa barang-barang di atas lantaran barang tersebut adalah barang second. Namun semuanya dijamin memiliki kualitas yang bagus serta masih fresh. Hal itu lantaran banyak orang yang ketika setelah pulang dari Nepal untuk trekking atau hiking tidak membawa lagi barang yang mereka gunakan sehingga para pelancong akan menjualnya dengan harga yang miring.

Sudiph Rai, pemilik Kala Patther Trekking Store menjamin bahwa tempat ia jualan adalah yang termurah se Kathmandu.

“Bila ada yang lebih murah, beri tahu saya. Maka saya akan menurunkan harganya,” ungkapnya.

Dengan demikian, bagi para wisatawan, khususnya dari Indonesia. Rasa-rasanya tidak perlu membawa banyak barang dari Indonesia karena bisa membeli seluruh peralatan yang dibutuhkan ketika sampai di Kathmandu. Tentunya dengan membawa uang yang lebih banyak untuk bisa membeli peralatan disana.

Kabar gembiranya adalah, Nepalisme selaku Tour & Travel sekaligus sebuah gerakan yang bertujuan untuk mengantarkan orang-orang Indonesia mencapai puncak-puncak di pegunungan Himalaya dengan standar keselamatan tertinggi juga akan menyewakan peralatan penunjang seperti down jacket dan medikal kit.