Kebijakan Pemerintah Nepal melakukan lockdown selama tiga minggu berbuah manis, tercatat belum ada kasus baru Covid-19 di negara Asia Selatan tersebut.

Dilansir dari Nepali Times, Jumat (10/4/2020), tercatat sejauh ini hanya tercatat sembilan kasus Covid-19 di mana satu di antara sudah dinyatakan sembuh.

Sejauh ini tercatat telah 3524 tes dilakukan di negara tersebut—di mana sebanyak 630 tes dilakukan di wilayah Kathmandu. Dalam 24 jam terakhir belum ada satu pun hasil tes yang menunjukan pasien terdampak penyakit corona.

Daerah seperti Kailali, Kanchanpur, Kavilvastu dan Baglung yang mencatatkan sebanyak 516 tes yang mana hasilnya adalah negatif.

Meski demikian, terdapat 800 sampel baru yang belum keluar hasilnya. Meski demikian, diharapkan untuk kewaspadaan terkait jumlah kasus positif akan meningkat di pekan depan.

Peningkatan kewaspadaan jelas diperlukan mengingat tercatat sebanyak 120 ribu pekerja Nepal pulang dari India tanpa pengawasan dari kedua belah pihak di mana mereka dianggap membawa virus tersebut.

“Kita harus mengasumsikan ada lebih banyak kasus di luar sana, terutama di hotspot di sepanjang perbatasan India, dan bahkan di daerah terpencil di mana para migran telah pindah kembali. Komunitas lokal dan komite lingkungan di sana secara ketat memantau penduduk untuk gejala, ”kata Sameer Dixit, peneliti di Pusat Dinamika Molekuler di Kathmandu.