Penerapan lockdown yang dilakukan oleh pemerintah Nepal membuat tingkat polusi di negara ini menurun secara signifikan. Hal ini terbukti dengan kembali terlihatnya Gunung Everest untuk pertama kalinya setelah bertahun-tahun “menghilang”.

Nepali Times memposting hasil foto kiriman Abhushan Gautam yang mengabadikan kondisi terbaru dari  Kathmandu Valley di mana dari foto tersebut terlihat jelas Gunung Everest yang kembali terlihat jelas dari ibu kota Nepal tersebut.

“COVID-19 Lockdown telah membersihkan udara di atas Nepal dan India utara. Sedemikian rupa sehingga untuk pertama kalinya selama bertahun-tahun, Gunung Everest dapat dilihat kembali dari Lembah Kathmandu meskipun jaraknya 200 km jauh.” Tulis Nepali Times pada Jumat, 15 Mei 2020.

Semenjak adanya Pandemi Covid-19, Pemerintah Nepal sendiri memutuskan untuk mengunci rapat-rapat negara mereka sejak tanggal 22 Maret 2020. Yang terbaru, bekas negara kerajaan yang kini menjelma sebagai negara demokratis itu memperpanjang masa lockdown hingga 2 Juni 2020 mendatang.