• Overview
  • Reviews
  • Booking
  • FAQ

Puncak Mera sering dianggap sebagai puncak trekking resmi tertingga di Nepal. Namun sebenarnya adalah sebuah kesalahan yang tidak disengaja lantaran ketinggian dan lokasi dilaporan secara keliru Asosiasi Pendaki Gunung Nepal. Sementara datanya telah menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Meski demikian, Puncak Mera tetap menjadi salah satu lokasi populer lantaran rutenyayang mudah dilewati. Hanya membutuhkan keterampilan pendakian gunung dasar untuk bisa mencapai ketinggian yang jauh lebih tinggi daripada puncak Eropa atau Amerika Utara.

Selama bertahun-tahun, pendakian ke Puncak Meram asuk dalam kategori F (facile/mudah) di Alpine Grade. Namun perubahan blok puncak baru-baru ini 30-40 meter terakhir telah menjadi Grade PD Peu Difficile = Agak sulit.

Perjalanan ke Puncak Mera akan terasa menyenangkan dengan melewati Lembah Hinku dan Hongu, hutan belantara Himalaya yang spektakuler. Dari atas Puncak Mera, kita bisa melihat lima sampai enam gunung tertinggi di dunia: Everest, Kangchenjunga, Lhotse, Makalu, dan Cho Oyo.

Itineraries

Hari 1

Kedatangan di Kathmandu (1,300m /4,264 ft).

Selamat datang di kota Kathmandu yang indah !!! Anda berada di Bandara Internasional Tribhuvan di Kathmandu. Setelah menyelesaikan formalitas—seperti membuat visa on arrival, perwakilan Nepalisme Travel & Tour akan menemui Anda di gerbang kedatangan dan langsung mengantarkan Anda ke salah satu hotel terbaik di Thamel.
Setelah check-in di hotel, Anda bisa berkeliling di sekitar kotel. Dan pada malam hari, kami akan menggelar pesat makan malam dengan disuguhi pertunjukan budaya di restoran Thamel tradisional Nepal yang menyediakan berbagai makanan yang enak.

Hari 2

Jalan-jalan di Kathmandu dan persiapan untuk Trek.

Setelah sarapan pagi, Anda akan kami pandu untuk mengunjungi beberapa situs paling bersejarah dan spiritual di Kathmandu—yang mana sebagian besar merupakan Situs Warisan Dunia, UNESCO. Antara lain: Durbar Basantapur square yang bersejarah, kuil Hindu suci Pashupati Nath, 'Kuil Kera' (Swayambhunath) yang terkenal, dan kuil Budha (Bouddha Nath)--yang memiliki stupa bulat terbesar di Nepal.
Di malam hari, Kita bisa berdiskusi terkait perjalanan dan hal-hal yang menyangkut perjalanan kita. Jangan malu untuk bertanya mengenai apapun kepada kami.

Hari 3

Terbang ke Lukla, perjalanan ke Paiya (Chutok) (2,730m / 8,956ft): penerbangan 40 menit, perjalanan 5-6 jam

Kita akan melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat pagi-pagi sekali untuk menuju Paiya—dengan mendarat di bandara Tenzing-Hillary di Lukla. Selanjutnya kita akan melakukan perjalanan dengan berjalan kaki menyeberangi jembatan di atas Handi Khola dan mencapai Desa Surke. Dari sini kita terus melangkah maju ke selatan melewati Chutok La sebelum mencapai pemukiman kecil Paiyan, juga dikenal sebagai Chutok. Lalu menginap di Paiya.

Hari 4

Paiya ke Panggom (2.846m / 9.333 kaki): 5-6 jam

Kita akan turun sedikit unruk melewati jembatan kecil. Dari sana jalannya cukup licin sampai kita melewati Kari La pass. Perjalanan kita berlanjut melalui rhododendron dan hutan bambu di jalur gunung yang sempit.
Nikmati pemandangan Lembah Dudhkoshi sebelum akhirnya sampai di Desa Panggom—yang penduduknya mayoritas petani dan pedagang. Di sini pula kita bermalam.

Hari 5

Panggom ke Ningsow (2,863 m / 9,393ft): 4-5 jam

Kita akan memulai perjalanan setelah sarapan. Setelah keluar dari Panggom, kami menyeberangi Panggom La pass lalu berjalan naik dan lurus lalu berbelok ke utara. Setelah itu, kita akan melewati Peseng Kharka Khola, namun sebelum samapai kita akan melintasi sungai Ningsow Khola sebelum akhirnya tiba di Desa Ningsow sekaligus bermalam di sini.

Hari 6

Ningsow ke Chhatra Khola (2,800m / 9,186ft): 7-8 jam

Dari Ningsow, pertama-tama kita akan mendaki lalu turun sebentar dan mendaki lagi untuk mencapai Ramailo Danda. Dari sini kita mendapatkan pemandangan Mera Peak dan Salpa yang luar biasa. Setelah naik dan turun kita akan memasuki Taman Nasional Makalu Barun.
Jalan dari sini ke Chhatra Khola disebut jejak Pasang Lhamu. Dalam perjalanan, bila kita beruntung, kita bisa melihat Panda Merah yang menggemaskan. Kemudian kita akan sampai di di Chhatra Khola dan bermalam di sana.

Hari 7

Chhatra Khola ke Kothe (3,691m / 12.109 kaki): 6-7 jam

Kita akan memulai perjalanan menuju arah utara di jalur utama ke Puncak Mera. Setelah berjalan melewati jalur setapak di di sebelah Majang Khola, kita akan bergerak di sepanjang Hinku Khola. Terus maju hingga menuju Tashing Ongma yang memiliki tempat penjualan teh musiman.
Setelah itu kita melanjtkan perjalanan melewati jembatan di Sanu Khola sebelum mencapai Kothe--sekaligus bermalam di sana.

Hari 8

Kothe ke Thaknak (4,358m / 14,297ft): 3-4 jam

Kita akan berjalan di sepanjang punggungan Hinku Khola di bawah bayang-bayang Puncak Mera. Kemudian kita akan makan siang di Gondishung, sebuah pemukiman para penggembala musim panas di tepi barat Hinku Drangka.
Di luar Gondishung, kita akan melewati Lungsumgba Gompa yang berusia 200 tahun di mana kami dapat menemukan Puncak Mera yang ditulis dalam batu bersama dengan rutenya untuk mencapai lokasi yang menjadi tujuan perjalanan kita.
Tak jauh lagi kita sampai ke Thaknak, yang banyak terdapat bangunan kuno sekaligus tempat kita menginap.

Hari 9

Thaknak ke Khare (5,045m / 16,486ft): 2-3 jam

Kita akan meninggalkan Thaknak dengan mengikuti moraine lateral Gletser ke Dig Kharka. Di sana kita disuguhi pemandangan yang luar biasa dari Charpate Himal. Dari sini perjalanan kita mulai kembali naik melalui morain ke moncong gletser Hinku Nup dan Shar, dan kemudian naik lebih tinggi lagi ke curam ke Khare.
Dari atas ini kita bisa melihat wajah utara Puncak Mera yang menawan. Setelah istirahat makan siang, kita melanjutkan perjalana hingga sampai di Khare dan menginap di pondok.

Hari 10

Khare: Aklimatisasi dan pelatihan pra-pendakian

Hari ini akan diisi untuk aklimatisasi dan pelatihan dasar hanya untuk mempersiapkan diri untuk pendakian Puncak Mera. Kami akan membantu anda dalam mempelajari teknik panjat dasar dan menunjukan cara menggunakan kapak es, harness, sepatu panjat ascender, dan crampon. Pelatihan ini juga mencakup bagaimana mempelajari teknik panjat terbaik dengan tali.

Hari 11

Kamp Khare ke Mera High (5.780m / 18.958 kaki): 6-7 jam

Perjalanan dimulai dengan melewati alan setapak berbatu di jalan yang curam untuk mencapai Pangkalan Puncak Mera. Dari sini, kita akan melanjutkan langkah yang lebih jauh melalui Pass Mera La untuk mencapai Camp High Mera.
Jalan yang dilalui adalah jalan berbatu, cukup berbahaya karena ada sejumlah celah di sini. Ketika sudah sampai , kita bisa mendirikan tenda untuk bermalam sambil menikmati pemandangan indah Gunung. Everest, Makalu, Cho Oyu, wajah selatan Lhotse, Nuptse, Chamlang dan Baruntse.

Hari 12

Mera High Camp ke Puncak Mera (6.461m / 21.1907ft) dan kembali ke Khare (5045m / 16.547ft): 8-9 jam

Hari ini adalah hari yang penting dalam catatan ekpedisi kali ini. Kita akan bangun jam 2 pagi untuk sarapan. Awalnya akan sangat dingin sekali, namun setelah pemanasan kondisi tubuh akan normal dan kita bisa melanjutkan perjalanna dengan melewati gletser dan ke punggung bukit yang unik.
Sinar matahari akan terlihat menyinari pegunungan dengan sinar merah yang membuat takjub. Rute perjalanan semakin tinggi dan udara semakin tipis. Di beberapa tempat akan terlihat curam sehingga kita perlu menggunakan tali. Bisa sudah sampai anda bisa menikmati pemandangan spektakuler Himalaya termasuk gunung Everest (8.848m), Cho-Oyu (8.210m), Lhotse (8.516m), Makalu (8.463m), Kangchenjunga (8.586m), Nuptse (7.855m), Chamlang (7.319m), Baruntse (7, 129m) dan lain-lain. Setelah itu kita akan kembali ke Kamp Khare untuk kemudian menginap di situ.

Hari 13

Hari Cadangan

Tak ada yang menjamin bahwa situasi di Puncak Mera memiliki cuaca yang baik. Oleh karena itu, hari ini mungkin menjadi hari bagi kita untuk menuju puncak bila pada hari sebelumnya kondisi cuaca buruk. Hari ini juga bisa menjadi waktu untuk beristirahat.

Hari 14

Khare ke Kothe (3600m / 11808ft): 4-5 jam

Kita akan kembali memulai perjalanan dari Khare ke Kothe dengan jalur yang sama saat berantkat. Setelah mencapai Kothe kita akan merayakan kesuksesan saat mencapai Puncak Mera dengan mencoba hidangan dan anggur lokal sekaligus bermalam di sana.

Hari 15

Kothe ke Thuli Kharka (4.300 m / 14.107ft): 5-6 jam

Hari ini kita akan memulai perjalanan dari Kothe ke Thuli Kharka. Perjalanan ada yang menanjak dan menurun. Kita akan melewati nak sungai Inkhu Khola sebelum mencapai jalan bercabang di dekat Taktho.
Dari sana, kita akan memilih jalur sebelan kanan untuk Chorten dan setelah itu kita berjalan menuruni jalan yang curam. Selanjutnya, kami naik ke Thuli Kharka dan melewati Chorten lain di jalan. Bermalam di Thuli Kharka.

Hari 16

Thuli Kharla ke Lukla melalui Zatrwa La pass: 6-7 jam

Kita akan menyaksikan pemandangan embah Lukla yang indah yang dikelilingi oleh Cho Oyu, Puncak Kongde, Numbur Himal, Kusum Khangru, dan puncak Himalaya lainnya saat melewati Zatrwa-La pass di ketinggian 4.600m.
Dari Zatrwa La pass, kita akan berjalan menuju ke Chutang dan kemudian lurus ke desa Lukla. Di malam hari kita akani menikmati makan malam di Himalaya Nepal sekaligus bermalam di sana.

Hari 17

Terbang ke Kathmandu

Kita akan melakukan penerbangan pagi pulang ke hotel tempat Anda diinapkan di Khatmandu. Setelah sampai, Anda dapat beristirahat atau berbelanja suvenir. Jika Anda ingin kembali menjelajahi daerah lain di Kathmandu, kami akan mengantarkan anda untuk belanja suvenir atau tamasya.
Malam harinya, akan ada pesta perpisahan sekaligus merayakan keberhasilan kita mencapai Puncak Mera.

Hari 18

Diantarkan ke Bandara Internasional, Pulang ke Indonesia.

Anda akan kami antar ke bandara internasional Kathmandu untuk kembali pulang ke Indonesia dengan membawa pulang kenangan akan pengalaman luar biasa semasa melakukan trekking ke Puncak Mera.

No details found.

There are no reviews yet.

Be the first to review “Puncak Mera -18 Hari Perjalanan”