• Overview
  • Trip Outline
  • Trip Includes
  • Trip Excludes
  • Reviews
  • Booking
  • FAQ

Perjalanan menuju Lembah Tsum—yang dikenal sebagai lembah tersebut, di mana wilayah ini dihuni oleh sebagian besar orang-orang Tibet dan banyak Biara di sana. Tak heran karena lembah ini   sendiri terletak di bagian utara Nepal dan berbatasan dengan Tibet.

Sebelumnya wilayah ini tidak boleh dimasuki oleh orang asing hingga tahun 2008. Tak heran bila wilayah ini kurang populer di kalangan wisatawan karena fakta bahwa belum lama daerah ini dibuka untuk umum.

Lembah Tsum dan daerah Manaslu memiliki banyak gunung, melewati, ngarai yang dalam, dusun, gompas, chortens (stupa), dan dinding mani lebih banyak daripada di daerah lain.

Saat melakukan perjalanan melalui wilayah ini, Anda dapat menikmati pemandangan Ganesh Himal, Sringi Himal, dan Boudha Himal yang menakjubkan. Kenyatannya dahulu wilayah ini tersembunyi dan banyak orang yang tidak tahu maka perjalanan ini cocok untuk yang suka berpetualang.

Outline:

Hari ke 1 Tiba Kathmandu & Transfer ke Hotel - 1.300 m / 4.264 kaki

Hari ke 2 Tamasya Kathmandu dan Persiapan Trek

Hari ke 3 Berkendara ke Barpak (2000m / 6560 kaki)

Hari ke 4 Perjalanan dari Barpark ke Laprak (2200m / 7216ft): 6-7 jam

Hari ke 5 Perjalanan dari Laprak ke Khorlabeshi (875m / 2870ft): 7-8 jam

Hari ke 6 Perjalanan dari Khorlabeshi ke Jagat (1410m / 4625 kaki): 6 jam

Hari ke 7 Perjalanan dari Jagat ke Philim (1,590m / 5215 kaki): 3 jam

Hari ke 8 Perjalanan dari Philim ke Chumling (2363m / 7775 kaki): 6/7 jam

Hari ke 9 Perjalanan dari Chumling ke Chokhangparo (3010m / 9903ft): 5/6 jam

Hari ke 10 Perjalanan dari Chokhangparo ke Nil (3361m / 11058ft), melalui gua Milarepa: 6/7 jam

Hari ke 11 Perjalanan dari Nil ke Bhajyo (Chhekya) (4030m / 13218ft): 4 jam

Hari ke 12 Beristirahat di Bhajyo (Cheekya).

Hari ke 13 Perjalanan dari Bhajyo ke Rachen Gompa: (3240m / 10627ft): 6 jam

Hari ke 14 Perjalanan dari Rachen Gompa ke Chumje (3230m / 10.595 kaki): 5/6 jam

Hari ke 15 Perjalanan dari Chumje ke Bihi (3130m / 10,266ft): 4/5 jam.

Hari ke 16 Perjalanan dari Bihi ke Namrung (2540m / 8331ft): 6 jam

Hari ke 17 Perjalanan dari Namrung ke Lho (3180m / 10,430 kaki): 4 jam

Hari ke 18 Trek dari Lho ke Samagaon (3530m / 11.578 kaki): 5/6 jam.

Hari ke 19 Trek dari Sama ke Samdo (3860m / 12.660 kaki): 4/5 jam

Hari ke 20 Trek dari Samdo ke Kamp Tinggi (Ekle Bhatti) (4460m / 14.628 kaki): 5 jam

Hari ke 21 Perjalanan dari Kamp Tinggi ke Bimthang (3,590 m / 11811 kaki), 7/8 jam

Hari ke 22 Hari istirahat di Bimthang

Hari ke 23 Perjalanan dari Bimthang ke Dharapani (1860m / 6.100 kaki): 6-7 jam

Hari ke 24 Perjalanan dari Dharapani ke Ghermu (1100m / 3608ft): 7 jam

Hari ke 25 Perjalanan dari Ghermu ke Besisahar (800m / 2625 kaki): 4 jam.

Hari ke 26 Berkendara Besi Sahar ke Kathmandu dengan bus: 7/8 jam

Hari ke 27 Keberangkatan terakhir dari Kathmandu

Itineraries

Hari 1

Tiba Kathmandu & Transfer ke Hotel - 1.300 m / 4.264 kaki

Setelah Anda tiba di Bandara Internasional Tribhuvan di Kathmandu, perwakilan Nepalisme Tour & Travel akan menjemput Anda untuk mengantarkan sampai ke hotel. Anda bisa beristirahat atau mencoba menjelajahi sekitar kota yang indah sendirian. Sangat menyenangkan bertemu orang-orang di sekitar tempat itu karena kebanyakan dari mereka berbicara bahasa Inggris.

Hari 2

Tamasya Kathmandu dan Persiapan Trek

Setelah sarapan di hotel, kami akan antar Anda melakukan perjalanan wisata ke Lembah Kathmandu, kota bersejarah dan penuh budaya untuk wisatawan asing maupun lokal. Di kota ini anda akan menyaksikan perpaduan suci yang menarik antara agama Hindu, Buddha Tibet dan pengaruh budaya campuran Barat.
Akan ada tur sehari ke Kuil Hindu Pashupatinath yang terkenal dan terbesar, stupa Budha terbesar di Nepal Boudhanath, Swoyambhunath (Kuil Kera) dan Kathmandu Durbar Square, semuanya adalah situs Warisan Dunia UNESCO. Setelah selesai, Anda kembali ke hotel dan Anda akan punya waktu untuk melakukan persiapan atau membeli perlengkapan trekking jika Anda perlu dan bermalam di hotel.

Hari 3

Berkendara ke Barpak (2000m / 6560 kaki)

Pada hari ini, kita akan memulai perjalanan pagi-pagi sekali menaiki bus untuk menuju Gorkha. Gorkha merupakan ibu kota Nepal Abad Pertengahan. Dari Kathamandu, bus menuju Baluwa. Kemudian dari sana, kita naik jip lokal menuju puncak bukit Barpak. Malamnya kita akan menginap di losmen di Barpak.

Hari 4

Perjalanan dari Barpark ke Laprak (2200m / 7216ft): 6-7 jam

Ini adalah hari pertama kita melakukan perjalanan. Kita akan memulai perjalanan dari Barpak. Perjalanan mengarah ke lembah utama Sungai Budhi Gandaki. Di sisi timur jalan setapak, kita bisa melihat banyak gunung. Dari tempat ini, selang beberapa jam kita sampai ke Gupsi Dada (3000m). Ada juga tiket masuk Gupsi Dada di dekatnya. Dari celah tersebut, pemandangan paling indah dari jajaran gunung Buddhi, Shringi, pegunungan Ganesh dapat dilihat. Akhirnya kita sampai ke Laprak. Laprak adalah desa Gurung yang indah dan merupakan tempat menginap kami.

Hari 5

Perjalanan dari Laprak ke Khorlabeshi (875m / 2870ft): 7-8 jam

Hari ini, perjalanan menuju ke Lembah Sungai Budhi Gandaki. Saat perjalanan menurun, kita akan melintasi jembatan gantung di Laprak dan dari sana jalan setapak mulai kembali naik melalui lereng bukit. Jalan menuntun kita untuk mencapai desa Singla yang indah. Dari Singla, pemandangan indah dari jajaran Manaslu dan Himalaya lainnya dapat dilihat. Jejak menuju utara dari Singla untuk mencapai Khorlabeshi. Khorlabeshi adalah tempat menginap untuk kita pada hari ini.

Hari 6

Perjalanan dari Khorlabeshi ke Jagat (1410m / 4625 kaki): 6 jam

Hari ini perjalanan dimulai pagi-pagi sekali setelah sarapan. Perjalanan naik dan turun terjadi di banyak tempat. Trekking selama sekitar dua jam dari Khorlabeshi membawa kita ke Sumber Air Panas (Tatopani) dan dari sana jalan menanjak menuju punggungan. Kemudian kita menuju jembatan gantung Sungai Budhi Gandaki. Kita pun menyeberangi sungai ini dan naik melalui punggungan menuju pertemuan Dobhan Khola. Kita akan kembali menyeberangi jembatan gantung lain dari Dobhan Khola ini dan naik menuju Duman. Di Duman ada lagi jembatan gantung di Yaru Khola yang perlu dilintasi dan dari sana jalan menanjak melalui tangga batu Thare Bharyang untuk mencapai desa Jagat. Jagat adalah tempat menginap kita pada malam ini.

Hari 7

Perjalanan dari Jagat ke Philim (1,590m / 5215 kaki): 3 jam

Perjalanan kita akan mendaki lebih jauh ke Salleri hari ini. Dari Salleri, jalan setapak mulai menurun menuju Setibas. Dari Setibas, lembah mulai melebar dan jalan setapak membawa kita lebih jauh ke Ghatta Khola. Ada jembatan gantung panjang untuk menyeberangi sungai ini. Kita akan menyeberangi sungai ini dan naik menuju desa besar Gurung, Philim. Desa yang indah ini menjadi tempat menginap pada hari ini.

Hari 8

Perjalanan dari Philim ke Chumling (2363m / 7775 kaki): 6/7 jam

Hari ini, setelah sarapan, kita akan memulai perjalanan dari Philim. Dari Philim, kita akan mendaki ke utara melintasi hutan menuju lembah. Sepanjang jalan, kita akan mencapai ngarai di Ekle Bhatti. Setelah menyeberangi ngarai, kita memasuki hutan pinus dan dari sana, jalan menurun menuju lembah Tsum. Jejak naik lebih jauh melalui hutan pinus dan rhododendron. Pemandangan gunung Himalchuli yang menakjubkan dapat dinikmati di sepanjang jalan. Di sepanjang jalan, kita mencapai Lulus Lokpa. Dari Lokpa, jalan setapak membawa kami ke Gumlung dan dari sana, kami mencapai Shiar Khola dan setelah melintasi Khola ini, akhinya kita sampai di esa Chumlung. Chumlung juga merupakan salah satu desa yang memiliki banyak biara. Malamnya kita menginap di desa ini.

Hari 9

Perjalanan dari Chumling ke Chokhangparo (3010m / 9903ft): 5/6 jam

Hari ini, kita akan memulai trekking di pagi hari. Kita menyeberangi jembatan gantung di Chumling dan melakukan perjalanan melalui tepi sungai. Sepanjang jalan hari ini, pemandangan indah Ganesh Himal dapat dilihat sebagai latar belakang perjalanan kita. Jejak kaki ini akhirnya membawa kita ke Rainjham dan dari sana Serpu Khola sangat dekat. Setelah menyeberangi sungai ini, kita memasuki lembah tersembunyi Tsum. Dari tepi sungai ini, kita menaik menuju Chhokangparo. Chhokangparo adalah desa yang indah dan tempat menginap kita pada hari ini.

Hari 10

Perjalanan dari Chokhangparo ke Nil (3361m / 11058ft), melalui gua Milarepa: 6/7 jam

Perjalanan hari ini sangat penuh petualangan saat kami melakukan perjalanan dari Chhokangparo ke Nile. Disarankan untuk mengambil tindakan pencegahan yang tepat karena mungkin ada beberapa kemungkinan penyakit ketinggian. Mohon informasikan panduan ini jika Anda memiliki gejala apa pun. Jalan setapak membawa kita melewati Lamagaon dan Rachen Gompa. Gua Milarepa sangat dekat dari Gompa ini. Untuk mencapai gua ini, jalan setapak naik lebih jauh. Kemudian dari gua, Shiar Khola sangat dekat, dan kita bisa menyeberangi sungai ini dan desa-desa Phurbe dan Pangdun untuk mencapai desa Nil untuk bermalam di sana.

Hari 11

Perjalanan dari Nil ke Bhajyo (Chhekya) (4030m / 13218ft): 4 jam

Perjalanan hari ini membawa KITA sangat dekat dengan perbatasan Tibet. Kita berjalan dekat perbatasan Tibet sehingga bisa melihat pemandangan negara tersebu yang menakjubkan. Dari perbatasan, jalan setapak mendaki lebih jauh menuju Mu Gompa. Dari Mu Gompa, kita berjalan lebih jauh menuju Bhajyo. Jarak ke Perbatasan Tibet dari Bhajyo sangat pendek. Pemandangan spektakuler Himalaya Tibet serta pemandangan Ganesh Himal yang mempesona dapat dilihat dari tempat ini. Tidak ada rumah di tempat ini dan hanya beberapa rumah pertanian yak yang bisa dilihat di tempat ini. Kita akan memiliki cukup waktu untuk menjelajahi area ini. Malamnya kita berada di sebuah kamp di Bhajyo untuk istirahat.

Hari 12

Beristirahat di Bhajyo (Cheekya).

Hari ini menandai sebagai hari untuk aklimatisasi dan jalan-jalan di Bhajyo. Pemandangan indah dari dataran tinggi Bhajyo benar-benar spektakuler. Dalam cuaca yang cerah, pemandangan menakjubkan dari celah Ngula Dhojyang dan gletser Yamdro Valley dapat dilihat.

Hari 13

Perjalanan dari Bhajyo ke Rachen Gompa: (3240m / 10627ft): 6 jam

Pada hari ini, kita akan berjalan turun dari Bhajyo menuju Rachen Gompa. Gompa ini didirikan pada tahun 1905 Masehi. Gompa memiliki salah satu biara biara terbesar di wilayah itu. Di dalam Gompa ini, lukisan mural Buddha yang sangat indah dapat dilihat. Di Gompa pula kita akan bermalam.

Hari 14

Perjalanan dari Rachen Gompa ke Chumje (3230m / 10.595 kaki): 5/6 jam

Perjalanan hari ini kembali menurun seperti hari sebelumnya. Dari Rachen Gompa, jalan setapak mengarah ke selatan untuk mencapai sungai Chhokangparo yang indah. Ada jembatan di sungai ini dan setelah menyeberanginya, jalan setapak menuntun kita menuju ke biara Gho (2485m). Dari biara ini, kita akan mengambil rute utara ke Lembah Tsum yang lebih rendah. Lewat jalan setapak membawa kitai ke Chumje yang menjadi tempat menginap untuk malam ini.

Hari 15

Perjalanan dari Chumje ke Bihi (3130m / 10,266ft): 4/5 jam.

Hari ini, kita akan melakukan perjalanan dari Chumje ke Lembah Tsum yang lebih rendah. Sepanjang jalan, kita melewati desa Dorjon Kharka yang indah untuk mencapai desa bernama Rana. Dari Rana, kita melihat pemandangan menakjubkan Sungai Manaslu Budhi Gandaki dan menyeberangi sungai ini, ada jembatan gantung besar dan berjalan menuju desa Bihi yang indah. Bihi ditandai sebagai tempat menginap kami pada malam ini.

Hari 16

Perjalanan dari Bihi ke Namrung (2540m / 8331ft): 6 jam

Dari Bihi, kita akan melewati jalan setapak dataran datar untuk sementara waktu dan setelah beberapa saat, jalan setapak mulai naik untuk masuk ke jalan berhutan. Setelah melintasi kawasan berhutan ini, kita akan mencapai desa Namrung. Namrung merupakan desa yang indah di mana pemandangan indah Manaslu dapat dilihat. Menginap semalam untuk malam ini adalah di Namrung.

Hari 17

Perjalanan dari Namrung ke Lho (3180m / 10,430 kaki): 4 jam

Perjalanan hari ini relatif singkat. Dari Namrung, dengan jalan setapak akan membawa kita masuk ke hutan Lihi. Setelah melintasi hutan ini, kami akan melewati jalan menurun ke Sho. Di sepanjang jalan, pemandangan Ganesh Himal yang sangat indah dapat dinikmati. Dari Sho, kita akan naik bukit curam untuk mencapai Lho untuk bermalam.

Hari 18

Trek dari Lho ke Samagaon (3530m / 11.578 kaki): 5/6 jam.

Hari ini kita akan berjalan di tepi anak sungai kecil Sungai Budi Gandaki. Setelah beberapa saat, kita akan memasuki i hutan kecil pohon cemara yang rindang. Berjalan melewatinya adalah pengalaman yang sangat menyenangkan. Setelah melintasi hutan ini, pendakian kecil akan membawa kita ke desa Shyala. Dari Shyala, pemandangan indah pegunungan yang tertutup salju seperti Himal Chuli, Ngadi Chuli, Manaslu dan gletser besar dapat dilihat. Setelah menikmati pemandangan yang menyenangkan di desa ini, kita berjalan lebih jauh menuju Samagaon. Biara Sama yang populer juga terletak di desa ini. Sebagian besar penduduk desa di sini berasal dari Tibet. Malamnya kita di desa Samagaon.

Hari 19

Trek dari Sama ke Samdo (3860m / 12.660 kaki): 4/5 jam

Pada hari ini, kita akan turun dari Samagaon menuju Sungai Budi Gandaki. Perjalanan hari ini semakin mudah karena melewati tepi sungai. Setelah menyeberangi sungai ini, kita mencapai hutan juniper dan pohon birch yang indah. Hutan itu disebut Kermo Kharka. Setelah melintasi hutan ini, kita kembali menyeberangi Sungai Budhi Gandaki melalui jembatan kayu dan naik ke semenanjung di antara dua sungai. Dari lengkungan batu ini, kita bisa mencapai kani dan setelah melintasi kani ini, kita sampai di desa Samdo untuk bermalam.

Hari 20

Trek dari Samdo ke Kamp Tinggi (Ekle Bhatti) (4460m / 14.628 kaki): 5 jam

Perjalanan hari ini menurun dengan melewati tepi sungai Budhi Gandaki. Kita akan menyeberangi sungai ini dan mulai naik ke Gletser Larkya. Jalan setapak membawa kita ke Salka Khola dan kemudian naik menuju wisma batu. Ini sebenarnya bukan pondok tetapi Dharmashala (di mana Anda akan membayar sesuai dengan apa yang Anda makan). Ia juga dikenal sebagai Larkya Phedi. Kami membangun kemah kami di sini dan mengambil istirahat yang layak untuk mempersiapkan Larkya Pass yang paling ditunggu beberapa hari yang lalu.

Hari 21

Perjalanan dari Kamp Tinggi ke Bimthang (3,590 m / 11811 kaki), 7/8 jam

Hari ini perjalanan dimulai lebih pagi. Kita akan berjalan melintasi morain gletser, membuat pendakian bertahap yang menjadi lebih curam hanya di bagian terakhir ke celah. Pemandangan Himlung Himal, Cheo Himal, Kangguru dan Annapurna II yang menakjubkan dapat dilihat dari atas celah. Setelah melewati waktu yang menyenangkan, kami turun menuju Bimthang. Ketika kita turun, kita bisa melihat kabut malam datang dari Manaslu. Berjalan di kabut ini adalah pengalaman yang luar biasa seumur hidup Anda

Hari 22

Hari istirahat di Bimthang

Setelah trekking yang keras dan tak henti-hentinya selama sekitar 2 minggu, hari ini adalah hari istirahat. Kita bisa meleas lelah dan menjelajahi kehidupan pedesaan Bimthang pada hari ini.

Hari 23

Perjalanan dari Bimthang ke Dharapani (1860m / 6.100 kaki): 6-7 jam

Hari ini kita berhajaln turun lebih jauh dari Bimthang menuju Dharapani. Dari Bimthang, kita turun ke lembah Burdin Khola. Ada banyak hutan rhododendron dan perjalanan samapi ke desa Karche. Karche ditandai sebagai tanah budidaya tertinggi di lembah ini. Dari karche, kita jalan turun ke desa Gho. Dari Gho, jejak kaki kita akan menuju ke tepi utara Burdin khola. Jalan setapak membawa kita menuju desa Tilje. Aliran kecil Dudh Khola dekat dari Tilje. Kita menyeberangi sungai ini melalui jembatan kayu dan naik ke desa Dharapani yang indah. Dharapani menjadi tempat bagi kita bermalam.

Hari 24

Perjalanan dari Dharapani ke Ghermu (1100m / 3608ft): 7 jam

Dari Dharapani, kita akan mengikuti jalur yang sama dengan yang kita lalui di awal perjalanan. Kita akan turun ke Sungai Marsyangdi dan menyeberangi jembatan gantung menuju desa datar Tal. Dari Tal, jalan terus menuju Chyamje. Jalan menurun menuju Ghermu melalui Jagat dan Syange. Ghermu adalah desa tempat kita menginap malamnya.

Hari 25

Perjalanan dari Ghermu ke Besisahar (800m / 2625 kaki): 4 jam.

Pada hari ini, kita akanmelakukan perjalanan dari Ghermu menuju markas distrik Lamjung, Besisahar. Jejak hari ini sangat menarik saat kami melewati tanah subur di tepi Sungai Marsyangdi. Kita bisa melihat banyak petani bekerja di ladang mereka. Ada banyak desa yang indah di sepanjang jalan hari ini dan mereka termasuk Bhulbhule, Khudi dll. Akhinya tiba di desa Besi Sahar yang indah. Ini menjadi hari terakhir pendakian dan menjadi saat yang tepat untuk dirayakan! Anda dapat memberikan tips kepada pemandu dan portir Anda untuk dedikasi dan kerja keras mereka selama periode trekking. Anda juga dapat menikmati bir atau minuman buatan lokal untuk perayaan.

Hari 26

Berkendara Besi Sahar ke Kathmandu dengan bus: 7/8 jam

Hari ini, kita berkendara kembali dari Besi Sahar menuju Kathmandu. Biasanya dibutuhkan 7-8 jam untuk mencapai Kathmandu. Pemandangan sungai dan bukit yang indah dapat dilihat dari bus. Setelah mencapai Kathmandu, Anda akan kami antar ke hotel yang ditunjuk di Kathmandu. Anda dapat menghabiskan waktu Anda di hotel selama sisa waktu atau memilih untuk berjalan-jalan di jalan-jalan Thamel untuk berbelanja di menit terakhir. Di malam hari, Nepalisme Tour & Travel akan menyelenggarakan program makan malam khusus untuk merayakan keberhasilan Anda dalam trekking.

Hari 27

Keberangkatan terakhir dari Kathmandu

Anda akan kami antar ke bandara internasional Kathmandu untuk kembali pulang ke Indonesia dengan membawa pulang kenangan akan pengalaman luar biasa semasa melakukan tur Lembah Tsum dan Manaslu Trek

Yang Termasuk dalam Biaya Perjalanan

  • Semua biaya antar jemput ke bandara / hotel
  • 3 malam di hotel bintang 4 di Kathmandu (Hotel Shanker atau standar serupa)
  • Makan saat datang dan saat malam perpisahan
  • Semua akomodasi dan makanan selama perjalanan
  • Tur wisata sehari penuh di lembah Kathmandu termasuk pemandu wisata dan biaya masuk
  • Biaya naik bus ke Kathmandu-Syabrubesi-Kathmandu
  • Pemimpin trek yang bisa berbahasa Inggris (pemandu trekking), asisten pemimpin trek (4 trekker: 1 asisten pemandu) dan porter Sherpa untuk membawa barang bawaan (2 trekker: 1 porter) termasuk gaji, asuransi, peralatan, penerbangan, makanan, dan penginapan
  • Jaket, empat kantong tidur musiman, tas ransel, t-shirt, dan peta trekking (jaket dan kantong tidur akan dikembalikan setelah perjalanan selesai)
  • Semua surat izin yang diperlukan (izin taman nasional, TIMS)
  • Kit medis komprehensif
  • Semua pajak pemerintah dan daerah.

Biaya yang tidak termasuk dalam Perjalanan Tidak Termasuk

  • Biaya Visa Nepal
  • Kendaraan pribadi (Kathmandu ke Syabrubesi) (jeep masing-masing USD 200)
  • Makan siang dan makan malam di Kathmandu dan juga dalam kasus kepulangan awal dari gunung daripada jadwal yang dijadwalkan)
  • Akomodasi malam ekstra di Kathmandu karena kedatangan awal, keberangkatan terlambat, dan kembali lebih awal dari gunung (karena alasan apa pun) daripada jadwal yang dijadwalkan
  • Asuransi perjalanan dan penyelamatan
  • Pengeluaran pribadi (panggilan telepon, binatu, tagihan bar, mengisi ulang baterai, kuli tambahan, botol atau air matang, mandi, dll)
  • Kiat untuk panduan dan portir.

There are no reviews yet.

Be the first to review “Tsum Valley dan Manaslu Trek – 27 Hari Perjalanan”

  • Pricing Name
    Start
    End
    Group (Min-Max)
    Pricing
     
  • Pricing Name Full Packages
    Start
    End
    1 - 12 Pax
     
    Available Seats: 12

    Adult ( 1 - 12 Pax ) Rp19,733,847 Rp0 /Person

    - +

No Details Found