Mata Uang dan Kartu Kredit/Debit

Satuan mata uang di Nepal di sebut Rupee Nepal. Satu Rupee Nepal terdiri dari 100 Paisa. Adapun denominasi Nepal Rupee adalah 5, 10, 20,50, 100, 500 dan 1.000. Sementara 1 dan 2 Nepal Rupee berbentuk koin.

Wisatawan asing—selain India—diharuskan membayar tagihan hotel dan tiket pesawat diwajibkan membayar tagihan hotel dan tiket pesawat dalam mata uang asing. Sementara untuk mendapatkan mata uang Rupee Nepal, Anda bisa membelinya di konter valuta asing di bandara atau dari ATM. Selain itu, penukaran mata uang asing juga bisa dilakukan di bank yang terdapat di seluruh penjuru kota.

Di Nepal, mata uang asing hanya bisa ditukar di bank atau di tempat penukaran mata uang asing resmi. Ketika bertukar uang di bank atau konter hotel selalu memastikan bahwa Anda diberi tanda terima karena ini penting untuk mengubah rupee Anda menjadi mata uang keras pada saat Anda ingin kembali ke Indonesia.

Maksimal anda akan mendapatkan 15%  dapat dikonversi ke mata uang keras pada saat keberangkatan Anda. Turis—selain India—tidak diizinkan untuk mengimpor atau mengekspor mata uang India. Adapun nilai tukar mata uang asing sendiri ditentukan oleh Bank Rastra Nepal dan diumumkan di harian pers. Sayangnya, mata uang Nepal tidak berlaku di India.

Bank

Bank di Nepal rata-rata buka pukul 09.00 sampai 15.00 di jam kerja (Senin-Jumat). Meski demikian saat ini sudah banyak layanan mesin ATM tersebar, terutama di Thamel.

Kartu Kredit

Sebagian besar kartu Debit dan kredit diterima di Nepal dan dapat digunakan di sebagian besar tempat seperti Hotel, Restoran, Bar Kompleks Belanja. Jika Anda membayar dengan Kartu kredit, mereka menagih Anda tambahan 2-5 Persen biaya layanan untuk biaya admin bank.