Prosedur Masuk dan Aturan Visa

Visa Nepal bisa dibuat di Kedutaan Besar Nepal dan Konsulat Nepal di luar negeri atau setibanya di Bandara Internasional Tribhuvan di Kathmandu, Ibu kota Nepal. Anda hanya perlu menunjukkan paspor yang masih berlaku, 2 foto ukuran paspor, dan pembayaran biaya visa.

Anda—dan juga wisatawan asing lainnya dapat memperpanjang visa mereka di Departemen Imigrasi, Kalikasthan, Dillibazar, Kathmandu. Saat ini juga sudah tersedia layanan one day service dan online service untuk mengajukan visa.

Berikut ini daftar Bandara Internasional Nepal atau di kantor imigrasi yang menyelenggarakan pengajuan visa:

  • Bandara Internasional Tribhuvan, Kathmandu
  • Kakarvitta, Jhapa (Nepal Timur)
  • Birganj, Parsa (Nepal Tengah)
  • Kodari, Sindhupalchowk (Perbatasan Utara)
  • Belhiya, Bhairahawa (Rupandehi, Nepal Barat)
  • Jamuna, Nepalgunj (Banke, Mid Western Nepal)
  • Mohana, Dhangadhi (Kailali, Far Western Nepal)
  • Gaddachauki, Mahendranagar (Kanchanpur, Far Western Nepal)

Biaya dan Perpanjangan Visa

Visa dapat diperpanjang untuk mereka yang ingin tinggal lebih dari 60 hari di Departemen Imigrasi di Kalikasthan, Dillibazar, Kathmandu. Anak-anak di bawah 10 tahun tidak perlu membayar biaya visa. Siapkan dua buah foto ukuran paspor (hal ini penting).

Multiple entry 15 hari US $ 30 atau mata uang konvertibel yang setara

Multiple entry 30 hari US $ 50 atau mata uang konvertibel yang setara

Multiple entry 90 hari US $ 125 atau mata uang konvertibel yang setara

Perpanjangan Visa Turis

Biaya perpanjangan visa untuk 15 hari atau kurang adalah US $ 45 atau setara mata uang yang dapat dikonversi dan biaya perpanjangan visa untuk lebih dari 15 hari adalah US $ 3 per hari. Visa turis dapat diperpanjang untuk jangka waktu maksimum 150 hari dalam satu tahun visa tunggal (Januari – Desember).

Gratis (Gratis) Visa

Visa gratis selama 30 hari hanya tersedia untuk wisatawan dari negara-negara SAARC (negara Asia Selatan) kecuali warga negara India yang tidak memerlukan visa untuk masuk ke Nepal. Namun, mulai Oktober 2000, orang India yang bepergian ke Nepal melalui udara harus menunjukkan pada saat kedatangan di pintu masuk, baik paspor yang masih berlaku atau kartu identitas hak pemilih yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan India (KPU-nya India). Kartu identitas sementara dengan foto-foto yang dikeluarkan oleh misi diplomatik India yang berbasis di Nepal dianggap dalam kasus pengecualian. Untuk anak-anak di bawah 10 tahun tidak perlu menunjukkan identitas apa pun. Sementara, untuk siswa berusia 10-18 tahun diperlukan kartu ID foto Sekolah / Perguruan Tinggi berlaku.

Visa Transit

Visa transit untuk satu hari dapat diperoleh dari kantor imigrasi Nepal di titik masuk setelah produksi tiket penerbangan keberangkatan melalui Bandara Internasional Tribhuvan di Nepal, dengan membayar US $ 5 atau setara dengan mata uang yang dapat dikonversi.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Departemen Imigrasi, Kalikasthan, Dillibazar, Kathmandu.Tel: 977 – 01 – 4433934/4429860/4438862/4438868, Faks: 977 – 01 – 4433935,

Email: mail@immi.gov.np, Web: www.nepalimmigration.gov.np

Visa turis

Orang asing yang ingin mengunjungi Nepal harus memiliki paspor yang sah atau memiliki dokumen perjalanan yang setara dengan paspor yang dikeluarkan oleh pemerintah (asal negara) untuk mengunjungi negara asing sebelum mengajukan permohonan visa.

  1. a) Entri:

Tidak ada orang asing yang berhak masuk dan tinggal di Nepal tanpa visa yang sah. Visa masuk turis dapat diperoleh selama durasi berikut dari Kedutaan Besar Nepal atau Konsulat atau kantor misi lain atau kantor imigrasi yang berlokasi di titik masuk di Nepal.

Warga negara Tiongkok yang mengajukan diri untuk bekerja di Kedutaan Besar Nepal atau misi diplomatik Nepal lainnya tidak perlu ada ketentuan visa kedatangan untuk mereka.

  1. B) Biaya Visa:
  2. Dibutuhkan biaya untuk mendapatkan Visa Turis dari agen-agen diplomatik Nepal dan titik masuk:
  • US $ 30 atau mata uang asing yang setara untuk Visa Turis dengan Entri Berganda selama 15 hari.
  • US $ 50 atau mata uang asing yang setara untuk Visa Turis dengan Entri Berganda selama 30 hari.
  • US $ 125 atau mata uang asing setara untuk Visa Turis dengan Entri Berganda selama 100 hari.

Terlepas dari ketentuan yang dinyatakan dalam 1 (a) dan 1 (b), wisatawan dengan paspor dari Asosiasi Kerjasama Regional Asia Selatan (SAARC) tidak diharuskan membayar biaya visa selama 30 hari

  1. Biaya yang dikenakan untuk pembaruan atau pengaturan visa turis
  • Mata uang Nepal setara dengan US $ 3 per hari untuk memperbarui validitas visa turis.
  • Jika beberapa fasilitas entri diharuskan berlaku untuk periode yang diperbarui, tambahan US $ 20 beserta biaya yang ditentukan dalam 2 (a) harus dibayar.
  • Orang asing yang telah tinggal di sini tanpa memperbarui visa, perlu membayar mata uang Nepal setara dengan US $ 5 per hari bersama dengan biaya perpanjangan yang diperlukan.
  • Orang asing, yang telah tinggal lebih dari 150 hari tanpa memperpanjang visa turis akan dikenakan biaya sebagaimana dimaksud dalam ayat 2 (c) dan penalti sebesar Rs 50.000 sesuai dengan Undang-Undang Keimigrasian.
  • Terlepas dari ketentuan yang dinyatakan dalam 2 (a), 15 hari dihitung sebagai periode perpanjangan minimum dan biaya visa dibebankan sesuai. Untuk periode perpanjangan lebih dari 15 hari, biaya visa dibebankan sesuai ketentuan 2 (a).

catatan:

Visa turis akan diberikan untuk jangka waktu maksimum 150 hari dalam satu tahun visa (tahun Visa berarti Januari hingga Desember).

Seorang turis yang telah berangkat sebelum berakhirnya jangka waktu yang ditentukan dalam visa yang dikeluarkan dalam tahun visa tidak akan diizinkan untuk menggunakan visa dengan menambahkan periode yang tersisa ke tahun visa lain.

Namun, pengunjung asing, yang telah memasuki negara itu menjelang akhir tahun visa, dapat menggunakan sisa periode visanya di tahun visa lainnya.

Untuk Informasi Visa Terbaru, Kunjungi Situs Web Departemen Imigrasi Kementerian Dalam Negeri Nepal

www.nepalimmigration.gov.np