Indonesia membuka hubungan diplomatik dengan Nepal pada tahun 1960 dan pernah membuka Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kathmandu pada tahun 1965.

Sayang pada tahun 1967 ditutup dan hanya membuka konsulat kehormatan di Kathmandu, sementara kedutaan besar terdekat dari Nepal berada di Dhaka, Bangladesh. Di sisi lain, Nepal mengakreditasi kedutaan besarnya di Bangkok, Thailand, untuk Indonesia.

Satu-satunya diplomat Indonesia yang pernah menjabat Duta Besar Republik Indonesia untuk Nepal adalah Johannes Dirk de Fretes.

Baik Nepal maupun Indonesia adalah anggota pendiri Gerakan Non-Blok. Hubungan jangka panjang Nepal dengan Indonesia sudah terjalin sejak Konferensi Asia-Afrika. Nepal adalah peserta dari Konferensi Bandung yang diadakan pada tahun 1955 di Bandung yang merintis jalan terbentuknya GNB.

Alamat Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Dhaka, Bangladesh.

Alamat: Road No. 53, Plot No. 14, Gulshan-2 Dhaka-1212, Bangladesh.

Nomor Telpon: (+880) 2 58812260, 9881640-1, (+880) 2 8825391, 8810993

Email: kbri.dhaka@indonesia-dhaka.org / dhaka.kbri@kemlu.go.id

Media Sosial : Twitter @IndonesiaDhaka

Konsulat Nepal di Indonesia

Owner Nepalisme Handy Fernandy (paling kiri) dan Ranggi Ragatha (paling kanan) bersama Bally Saputra Datuk Janosati Konjen Kehormatan Nepal untuk Indonesia

Meski demikian, sejak tahun 2017 Nepal telah memiliki Kantor Konsulat Jenderal (Konjen) Kehormatan Nepal di Jakarta yang berlokasi di Apartemen Pancoran Riverside yang berlokasi di Jl. Pengadegan Timur I No.30, RW.1, Pengadegan, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan. Nepalisme sendiri telah bekerja sama dengan Konjen Nepal sejak 2020. Diharapkan kerja sama ini akan banyak pelancong asal Indonesia bisa pergi ke Nepal.

Handy Fernandy Ranggi Ragatha

Owner Nepalisme Handy Fernandy (paling kiri) dan Ranggi Ragatha (paling kanan)

 

Untuk kepengurusan Visa Nepal di Jakarta ini sendiri hanya memakan waktu selama tiga hari kerja. Informasi selengkapnnya bisa mengunjungi situs resmi Nepalisme Tour & Travel www.nepalisme.com.